Pekan Raya Indonesia Bakal Gerakkan Ekonomi

print.kompas.com - Pekan Raya Indonesia atau PRI, pameran multiproduk berskala besar, akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, 20 Oktober-10 November 2016 mendatang. Pameran yang mengintegrasikan konsep belanja, hiburan, rekreasi, edukasi, serta menggabungkan beragam produk nasional dan internasional ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Pekan Raya Indonesia Irwan Oetama, kegiatan PRI akan meningkatkan pendapatan daerah. Dia berharap PRI memberi banyak manfaat bagi banyak orang, menghasilkan efek domino yang positif, yang mampu menggerakkan dan menggairahkan perekonomian Indonesia. Pekan Raya Indonesia, kata Ketua Harian PRI E Ernawan, berusaha mendorong tumbuhnya perekonomian nasional melalui industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di Indonesia.

PRI akan diselenggarakan di gedung konvensi dan ekshibisi terbesar dan terluas di Asia Tenggara, yaitu Indonesia Convention and Exhibition di BSD City, Tangerang, Banten, yang baru saja meraih penghargaan "Best Exhibition Hall 2015" dalam The 8th MICE Award 2015 lalu. "Kami bangga Indonesia Convention Exhibition menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Raya Indonesia," kata Marketing Manager ICE Gabrielle Angriani.

Direktur Indonesia Convention Exhibition Teddy Surianto yakin ICE yang memiliki tempat luas dan sarana lengkap adalah satu-satunya tempat yang tepat untuk pameran berskala besar seperti PRI.

Sejak dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu, Indonesia Convention Exhibition telah menggelar berbagai pameran dan konser musik. Di antaranya konser musik penyanyi Michael Buble, Katy Perry, Super Junior, Big Bang, Afgan dan Raisa, penampilan teater Koma, sampai pameran otomotif Gaikindo International Auto Show. Tahun 2016 ini, selain menjadi tempat bagi Pekan Raya Indonesia, ICE juga akan menjadi tempat konser grup band dan musisi internasional, di antaranya Super Junior Kry dan EXO (Korea Selatan), 5 Second GF Summer (Australia), pameran IndoBuildtech, Gaikindo International Auto Show, Jakarta Kids Fair, dan lebih dari 100 acara berskala nasional dan internasional.

Penulis: R. Adhi Kusumaputra

Discover more articles like this