Sinar Mas Land Raih FIABCI-REI Excellence Award 2018, Wujud Pengakuan Dunia Internasional atas Properti Indonesia

Jakarta, Desember 2018, Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terkemuka dan terpercaya di Indonesia, kembali mengukir prestasi emas yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dengan meraih FIABCI-REI Excellence Award 2018. Sinar Mas Land berhasil meraih pencapaian membanggakan ini setelah didaulat sebagai pengembang terbaik di dunia dalam kategori Konservasi Energi melalui Gedung Green Office Park (GOP) 9, yang terletak di kawasan BSD City. Untuk itu Sinar Mas Land berhak memperoleh Gold Winner di ajang FIABCI-REI Excellence Award 2018 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali 6 – 8 Desember 2018.

Raihan bergengsi ini juga membuat Sinar Mas Land mengukir sejarah karena berhasil mendapatkan FIABCI-REI Excellence Award 2018 Award untuk ke tujuh kalinya, setelah pada tahun 2017 lalu melalui Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City berhasil memenangkan Gold Award pada kategori Purpose to Build.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam siaran persnya hari ini mengungkapkan, ”Kami  sangat senang sekaligus bangga karena raihan Gold Winner membuat Sinar Mas Land didaulat sebagai pengembang terbaik di dunia. Hal ini merupakan bukti pengakuan dunia akan semangat dan kerja keras Sinar Mas Land dalam berinovasi menciptakan masterpiece property yang ramah lingkungan dan bermanfaat, tidak hanya bagi kami namun juga bagi masyarakat banyak.”

Penilaian di dalam FIABCI-REI Excellence Award 2018 dilakukan oleh 6 juri independen dari praktisi, akademisi, birokrat dan ahli diantaranya Lana Wanayanti, Naning Adiwoso, Bernadus Djonoputro, Prof. Dr. Ir. Arief Sabaruddin, Pingki Eka Pangestu, dan Ahmad Nurzaman. Gedung GOP 9 yang terletakdi kawasan BSD Green Office Park, melakukan upaya konservasi seperti Sistem penyejuk udara yang hemat, Sistem pencahayaan yg efektif, Sistem transportasi vertikal (Lift/Lift) yang efisien, Kualitas udara dalam ruangan yang baik, dan Penghematan Keseluruhan konsumsi energi. Gedung GOP 9 sendiri telah berhasil meraih beberapa penghargaan dari tingkat nasional hingga internasional seperti pada tahun 2018 menerima Subroto Award dan ASEAN Energy Award.

Green Office Park Pertama di Indonesia

BSD Green Office Park merupakan sebuah kawasan Green Office Park pertama di Indonesia yang menganut prinsip Green District. Kawasan ini telah memperoleh Sertifikasi Green Mark District dari Lembaga internasional BCA (The Building and Construction Authority), Singapura. Sinar Mas Land secara berkesinambungan menerapkan prinsip-prinsip “Green” dalam kawasan maupun bangunan yang terdapat didalamnya, seperti penggunaan lahan secara bijak, hemat energi, hemat air, penggunaan bahan yang ramah lingkungan dan menjaga kualitas udara dalam ruangan.

Sinar Mas Land melalui BSD Green Office Park meyakini bahwa semua pihak harus melakukan upaya memerangi pemanasan global,mengurangi emisi CO2,menggunakan optimasi micro climate,penggunaan sistim bangunan dan peralatan mekanikal elektrikal sertamaterial yang mampu menghemat energi dan sumber daya serta menciptakan bangunan dan lingkungan yang lebih sehat demi meningkatkan produktivitas kerja.

##

Tentang FIABCI

FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobilier) adalah Federasi Real Estate Internasional. Organisasi ini mewakili berbagai profesi yang berhubungan dengan industri real estate yang ada di dunia. Dalam organisasi PBB, FIABCI memiliki status khusus sebagai Special Consultative di dalam konsil ekonomi dan sosial (Economic and Social Council – ECOSOC) dengan tugas utama adalah mengeluarkan rekomendasi dan saran atas hak properti dan perumahan bagi rakyat miskin.

World FIABCI Prix d’Excllence merupakan ajang unjuk keunggulan properti kelas Internasional yang diikuti 60 anggota FIABCI yang meliputi 120 organisasi professional di seluruh dunia. Penghargaan ini merupakan pengakuan internasional kepada proyek-proyek properti yang mampu mewujudkan keunggulan dalam seluruh disiplin real estate ketika menciptakan satu karya properti. Kategori yang menjadi penilaian dalam World FIABCI Prix d’excellence Awards 2013 adalah Heritage, Sustainable Development, Hotel, Industrial (Kawasan Perindustrian), Masterplan, Office, Residential (High Rise Building dan Low Rise Building), Resort, Retail dan Special Project (Airport, International School).

World FIABCI Prix d’Excllence merupakan comprehensive award dimana sebuah proyek dinilai dari beberapa aspek dengan bobot tertentu yaitu aspek arsitektur, teknis, kualitas Town Planning, metoda financial, profitability marketing keuntungan hasil pemasaran, result, dampak pada lingkungan, serta manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Penjurian internasional dilakukan melalui oversight panel yang terdiri dari para ahli di bidang profesi real estate yakni arsitek, perencana tata kota, insinyur, pakar lingkungan, pengembang, pembangun, advisor, broker, ahli keuangan, dan lainnya yang berasal dari beberapa negara serta President pada FIABCI Chapter Negara anggota.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.  Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018). 

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel        :  021- 50 368 368

Email     :  Atikah.sunarya@sinarmasland.com