YMSML Menggelar Pelatihan Cara Cepat Membaca Al-Quran di BSD City

BSD City, 08 Agustus 2024 – Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ). dari perwakilan 55 masjid/musala dan TPA/TPQ di kawasan BSD City yang dilaksanakan sejak bulan Maret hingga Oktober 2024.

Metode Mama Papa memudahkan teknik pengenalan huruf-huruf hijaiah yang tidak dilakukan secara urutan pada umumnya, namun dilakukan dengan menyusun huruf-huruf tersebut menjadi sebuah kata dalam bahasa Indonesia. Para ustaz dan guru mengaji yang telah mendapatkan pelatihan kemudian wajib menerapkan metode Mama Papa kepada seluruh anak didik mereka di masing-masing Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Baca Juga: Digital Hub, Imajin, ITS Kembangkan Hardware & Biokteknologi pada Tech Link Summit 2024

Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan “Program BBQ ini merupakan agenda tahunan Yayasan Muslim Sinar Mas Land yang bertujuan untuk membangun serta memperkuat ukhuwah Islamiyah di Kawasan BSD City. Selain itu, program BBQ diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah umat muslim yang buta aksara Al-Qur’an di Indonesia melalui tenaga pengajar binaan YMSML. Selama periode program BBQ berlangsung, kami juga selalu melakukan monitoring kepada para ustaz dan guru mengaji dalam menerapkan metode Mama Papa kepada anak didik binaan mereka. Semoga dengan adanya monitoring ini, program BBQ dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran.”

Pada kesempatan yang sama, Aan Aniasih selaku Perwakilan Guru Mengaji dari Majlis Ta’lim Masjid Al-Munawaroh mengungkapkan, “Terima kasih banyak kepada Yayasan Muslim Sinar Mas Land karena telah memberikan wadah pelatihan bagi para tenaga pengajar untuk dapat mempelajari metode baru dalam membaca Al-Qur’an sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh anak-anak didik binaan kami di TPQ. Kami harap ke depannya, program yang sangat baik ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Sinar Mas Land.”

Program BBQ YMSML 2024 akan ditutup dengan acara puncak yakni lomba membaca Al-Qur’an antara anak didik usia 6-12 tahun dari masjid dan musala di kawasan BSD City yang telah mengikuti program BBQ dengan total hadiah sebesar Rp25 juta. Lomba membaca Al-Qur’an akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 sekaligus memperingati Hari Santri Nasional. Hingga Juli 2024 lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa telah diikuti 3.704 murid Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan proyek Sinar Mas Land, seperti BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan.

Discover more articles like this