Sinar Mas Land Menjalin Kerja Sama dengan JOIN dalam Pembentukan Badan Pengelolaan Investasi

11 November 2020

Singapura, 11 November 2020  Sinarmas Land Limited (“SML”) dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (“JOIN”) menandatangani perjanjian kerja sama di Singapura pada 9 November untuk mendirikan JOIN SML Investment Partners Pte. Ltd ("JSIP"), sebuah badan pengelolaan investasi dimana kedua perusahaan dapat menanam modal dan menjadi sumber bagi proyek infrastruktur. JSIP membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan Jepang untuk turut berpartisipasi dalam bisnis infrastruktur mancanegara, khususnya di Indonesia.

Sinar Mas Land dan JOIN sepakat menyetor modal masing-masing senilai US$ 2 juta dengan kepemilikan keduanya 50%. Kerja sama ini dilakukan Sinar Mas Land melalui Sinarmas Land Limited yang terdaftar di Bursa Singapura dan berkantor pusat di Singapura. Di Indonesia, Sinar Mas Land beroperasi melalui tiga anak perusahaan publik Indonesia, yaitu PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI) dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).

Tatsuhiko Takesada – President dan CEO JOIN menyampaikan, “Kami berniat untuk terus berpartisipasi dalam proyek-proyek mancanegara, mulai dari membuka peluang investasi hingga mendukung perusahaan-perusahaan Jepang untuk ikut serta dalam pembangunan di sektor transpostasi dan di daerah urban. Tujuan dibentuknya JOIN SML Investment adalah menjadi perusahaan yang menangani investasi tersebut. Kami senang dapat bekerja sama dengan Sinar Mas Land, pengembang properti terkemuka di Indonesia yang juga merupakan salah satu pilar Sinar Mas, salah satu grup konglomerasi terbesar di Asia. Kami akan bekerja sama dalam memajukan usaha ini.”

Michael Widjaja – Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land menjelaskan “Pemerintah Indonesia saat ini sedang giat mendatangkan lebih banyak investasi untuk pembangunan infrastruktur. Badan pengelolaan investasi seperti JSIP akan menjawab kebutuhan pengembangan bisnis dari investor swasta asing. Berbekal reputasi dan koneksi yang baik dari JOIN, serta pengetahuan lokal dari Sinar Mas Land, JSIP akan mengelola penanaman investasi ke pengembangan infratrusktur dan pengembangan berorientasi transit (Transit-Oriented Development/TOD) agar dapat memberikan kontribusi yang positif pada pengembangan township kami.”


Tentang Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport &Urban Development

JOIN adalah perusahaan yang disponsori oleh pihak pemerintah dan swasta Jepang untuk pendanaan investasi di bidang infrastruktur yang didirikan pada Oktober 2014. Tujuan usaha JOIN adalah untuk mendorong perusahaan-perusahaan Jepang yang bergerak di bidang infrastruktur untuk menggunakan pengetahuan, teknologi dan pengalaman mereka agar dapat berkembang ke mancanegara. Kami percaya bahwa kontribusi mereka dapat memupuk kerja sama bilateral antara Jepang dengan negara tujuan investasi.

Meningkatnya permintaan terhadap infrastruktur dunia khususnya di negara berkembang turut mendorong kebutuhan akan pembangunan dan pengoperasian infrastuktur melalui kemitraan pemerintah dan swasta. Peran JOIN adalah untuk menyediakan tidak hanya pendanaan, tapi juga dukungan langsung kepada proyek yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan Jepang, mengingat adanya resiko yang bervariasi di masing-masing proyek infrastruktur mancanegara seperti investasi yang besar di muka, proyek dengan jangka waktu panjang dan resiko selama masa operasional dan lainnya.

Promosi dari sistem infrastruktur di pasar mancanegara adalah salah satu tujuan pemerintah Jepang. Oleh sebab itu, JOIN terus berperan aktif untuk bekerja dengan mitra-mitra kami. Informasi selengkapnya dapat dibaca di http://www.join-future.co.jp/english/

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).  

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Atikah Sunarya

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel; 021- 50 368 368

Email        :  atikah.sunarya@sinarmasland.com 

Japan Overseas Infrastructure Investment

Corporation for Transport & Urban Development    

Naomasa Tachibana

Project Department

Tel  : + 813-5293-6700

Fax : +813-3218-5561

© Copyright bsdcity.com 2020 | Privacy Policy | Terms of Use
© Copyright bsdcity.com 2020 | Privacy Policy | Terms of Use