Obligasi BSDE beri kupon 6,75% per tahun

29 April 2015

JAKARTA. Kembali mencari pendanaan, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) akan menerbitkan obligasi dalam denominasi Dollar. Nilai penerbitan surat utang itu adalah US$ 225 juta atau turun dari rencana awal US$ 250 juta. Obligasi yang akan jatuh tempo 2020 ini menjanjikan bunga 6,75% per tahun.

BSDE menerbitkan obligasi tersebut melalui anak usahanya yang bermarkas di Singapura Global Prima Capital Pte. Ltd. Namun nantinya, dana segar hasil penerbitan obligasi itu akan disalurkan kepada BSDE dengan skema pinjaman antarperusahaan.

“Dananya akan digunakan BSDE untuk membiayai belanja modal atau capial expenditure (capex). Ini sehubungan dengan akuisisi lahan, pengembangan properti investasi, pengembangan infrastruktur di kawasan BSD City, dan pengembangan-pengembangan lainnya,” tulis Direktur Utama BSDE Franciscus Darmali, dalam keterbukaan informasi, Kamis, (29/4).

Penerbitan obligasi ini merupakan transaksi afiliasi karena kaitannya antara induk dan anak usaha. Lebih lanjut, Franciscus menjelaskan bahwa bukan transaksi material karena nilainya yang tak melebihi 20% ekuitas perseroan. Pada akhir tahun lalu, ekuitas BSDE tercatat Rp 18,47 triliun.

Untuk menjamin kelangsungan pembayaran obligasinya, BSDE dan beberapa anak usahanya serempak memberikan jaminan. PT Sinar Mas Teladan, PT Sinar Mas Wisesa, PT Sinar Usaha Marga, dan PT Mustika Chandraguna turut serta sebagai penjamin dalam penerbitan obligasi tersebut..

Sebelumnya, BSDE pun telah melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Emiten properti ini menerbitkan 847,85 juta saham baru di harga Rp 1.890. Dari aksi itu, BSDE meraih dana segar sebesar Rp 1,65 triliun.

Pada kuartal pertama 2015, BSDE membukukan marketing sales Rp 2,2 triliun. Angka tersebut tumbuh 27% dari Rp 1,8 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan itu ditopang oleh penjualan properti yang berlokasi di BSD City.

Editor: Yudho Winarto
© Copyright bsdcity.com 2020 | Privacy Policy | Terms of Use
© Copyright bsdcity.com 2020 | Privacy Policy | Terms of Use